Angry Birds, alat pelacak?

Sekelompok peneliti di Carnegie-Mellon memiliki pertanyaan sederhana. Ketika kami memainkan permainan Angry Birds Space atau Ninja Buah pada smartphone kami, atau mengidentifikasi nama lagu dengan Shazam di tablet kami, apa jenis informasi yang kita pikir kita sedang mengungkapkan tentang diri kita ke dunia luar? Apa, dengan kata lain, adalah harapan privasi kami?

Hampir setiap aplikasi mengumpulkan beberapa jenis informasi - nomor identifikasi unik yang hanya milik perangkat mobile tertentu, atau data lokasi mengungkapkan di mana tepatnya aplikasi sedang digunakan. Tapi menghubungkan data ke fungsi nyata dari aplikasi dapat keruh. Para peneliti CMU menciptakan sebuah percobaan di mana mereka disajikan pengguna aplikasi Android paling populer dengan informasi yang tepat aplikasi tersebut berkumpul, dan kemudian meminta reaksi. Apakah mereka terkejut? Terganggu? Puas?

Jawabannya, kata Jason Hong, seorang profesor ilmu komputer di Carnegie-Mellon, memiliki banyak hubungannya dengan persepsi kita tentang tujuan app. Misalnya, peserta dalam percobaan tidak khawatir dalam paling tidak untuk mengetahui bahwa Google Maps adalah pengguna berat dari data lokasi. Tentu saja! Inti dari Google Maps adalah untuk membantu Anda mendapatkan dari tempat Anda berada ke tempat lain. Data Lokasi sangat penting untuk tugas.

Tetapi berita bahwa app Senter tercerah dikumpulkan lokasi dan data perangkat ID tertangkap sebagian besar pengguna off-penjaga. Hal yang sama juga berlaku untuk aplikasi game populer seperti Angry Birds. Untuk kebanyakan pengguna, tidak ada alasan yang jelas mengapa aplikasi senter perlu tahu di mana Anda berada. Penemuan bahwa aplikasi seperti itu mengumpulkan informasi rinci, misalnya mengakibatkan, kata Hong, dalam arti ketidakpastian dan ketidaknyamanan.

"Tidak ada yang mengharapkan bahwa Angry Bird akan menggunakan data lokasi Anda," kata Hong, "dan begitu semua orang terkejut, karena tidak ada hubungannya dengan fungsi app."

Dalam sebagian besar kasus, informasi yang dikumpulkan oleh aplikasi yang digunakan, atau dimaksudkan untuk digunakan, untuk menargetkan iklan mobile di pengguna tertentu. Hong percaya bahwa pengungkapan yang lebih baik tentang iklan pada bagian dari pembuat aplikasi akan meringankan rasa tidak nyaman dirasakan oleh pengguna blindsided.

Tapi aku tidak begitu yakin. Karena hal yang paling provokatif yang saya pelajari dari penelitian CMU adalah bahwa sebagian besar dari kita memiliki sedikit petunjuk untuk berapa banyak pengiklan informasi yang mengumpulkan tentang penggunaan kami perangkat mobile, dan bagaimana langit-potensi tinggi adalah untuk memanfaatkan informasi tersebut untuk menargetkan kami dengan pemasaran secara pribadi dibuat.